Rabu, 21 September 2016

Jalan Bahagia

sekalilagi seorang pesohor ditangkap karena narkoba. Gatot Brajamusti atau sapaanya Aa Gatot yang di kenal juga sebagai seorang spiritualis ditnagkap saat pesta narkoba bersama teman temannya.
pertanyaanya kenapa gak kapok kapok para artis artis terjebak dalam narkoba. lalu sebenarnya apa yang mereka cari?
sebenarnya yang dicari entah itu gosip, uang, popularitas, jabatan pada akhirnya semua berujung ke kebahagiaan.
dipipir pikir sih, mahal juga ya mencari kebahagiaan.

dan, bahagia apa yang sebenarnya dicari.
ada yang namanya hormon kebahagiaan, yaitu Dopamin, Endorpin, Serotonin dan Oxytocyn.
Berita baiknya, hormon itu bisa didapat dengan mudah asal tahu caranya.
dan berita Buruknya, sayangnya hormon itu muncul hanya sebentar.

misalnya, saat pertama beli hp baru, baru dipakai 2 hari, HPnya Jatuh, maka hilanglah rasa bahagia itu, saat kita Presentasi, ada orang yang berguman dan mengkritik, hilanglah kebahagiaan itu, saat dapat gaji, duitnya habis gara gara dipakai untuk bayar utang, dan biaya sewa, sehingga tidak sempat untuk bisa berbagi dengan sesama atau sekedar senang senang, maka hilanglah kebahagiaan itu.
dan akibat akibat lainnya, entah itu gelisah, frustasi, takut, cemas dan lain lain.
Hormon Dopamin itu adalah hormon untuk rasa senang, enjoy, mencapai sesuatu kemajuan atau ketika mengharap sesuatu. Makanya kita tiap saat buka WhatsApp karena berharap ada sesuatu yang menarik. Hubungannya dengan narkoba adalah kokain yang juga menimbulkan efek yang sama.
Bagaimana caranya supaya dapat efek itu secara alami? Ya bisa dengan melakukan sesuatu, misalnya dengan jalan-jalan di alam terbuka, melakukan sesuatu ketimbang melamun sedih, ambil langkah kecil untuk sesuatu yang ingin dicapai. Kalau ada kemajuan, pasti akan merasa senang, hormon Dopamin keluar.
Misalnya hari ini target jualan tembus target 50%, ketika tercapai muncul hormon Dopamin dari rasa senang dan bangga. Jadi hormon ini terkait dengan kemajuan, sekecil apa pun itu, atau mencoba hal-hal baru, misalnya makanan baru, membaca buku baru, film baru dan semacamnya.

Hormon Endorfin adalah hormon untuk membuat rasa segar, fresh. Caranya mendapatkannya dengan berolah raga misalnya, bisa juga dengan berhubungan seks. Narkoba yang efeknya sama adalah jenis morfin.
Hormon selanjutnya adalah Serotonin. Ini adalah hormon untuk rasa bangga, rasa berarti, dihargai atau percaya diri. Makanya banyak orang yang jadi narsis sebetulnya tujuannya untuk mendapatkan rasa dari hormon Serotonin ini.
Bahkan ada yang suka pamer kekayaan padahal itu hasil korupsi atau masih ngutang. Yang dicari adalah pujian atau kekaguman dari orang lain. Hormon ini sebetulnya bisa didapat dengan memberi penghargaan tulus kepada orang yang bersangkutan. Tentu kalau ingin dihargai ya harus menghargai orang lain lebih dulu atau menunjukkan nilai tambah pribadi yang layak dihargai. Obat pengganti hormon ini biasanya jenis anti depresan.
Hormon bahagia yang terakhir adalah Oxytocyn yaitu rasa damai, aman, dicintai. Ini adalah hormon yang dicari para pengguna ekstasi. Untuk mendapatkan rasa itu secara alami, kita harus merasa damai dulu dengan diri sendiri, dekat dengan sang pencipta, mencintai orang lain, menebarkan kedamaian, bergaul dengan orang-orang yang damai dan saling menyayangi.
Jadi sebetulnya apa yang dicari oleh Gatot Brajamusti dan para seleb yang terjerumus narkoba itu adalah hal-hal yang sebetulnya bisa didapat dengan cara alami dan mudah, asal tahu ilmu dan caranya.

makasih roni yuzirman.






Reaksi:

0 komentar: