Kerangka Berfikir Islam

pandangan kita tentang islam

7 Hari Jadi Juragan

Tidak ada jalan pintas untuk menjadi kaya. Dan bisnis itu tidak dibangun dalam satu malam

Memakan Riba

Dosa - Dosa Besar Salah Satunya Memakan Riba

MANTRA - DEDY CORBUZIER

Ebook dengan 117 halaman

Siyasah

Kekuasaan Pengelolaan Sumber Daya Alam "Timah"

Sunday, December 4, 2016

Istiqamah

sering dibuat bingung dengan tidak menentunya kehidupan ini hingga antara nafsu dan wahyu selalu berbenturan tak jarang akal sehatpun luput dari penguasaan nafsu, ketika menginginkan sesuatu namun selalu tidak sefrekuensi dengan tindakan yang dibuat, maka penyebab utama ialah keegoisan yang ada pada diri. maka dari itu, penempatan istiqamah harus sejajar dengan keimanan seseorang, karena keimanan hanya bisa dilalui dengan istiqamah. niscaya bagi yang istiqamah tidak akan merugi dari waktu ke waktu bahkan imannya, kualitas dirinya akan terus bertambah dan bertambah.
berikut makna istiqamah menurut para sahabat dan ulama :
  • Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A: Istiqomah itu tidak menyekutukan Allah dengan apapun juga.
  • Umar bin Khattab R.A: Istiqomah itu hendaknya untuk bertahan dalam satu perintah atau larangan dan tidak berpaling dari yang lain layaknya seekor musang.
  • Utsman bin Affan R.A: Istiqomah artinya ikhlas.
  • Ali bin Abi Thalib R.A: Istiqomah adalah melaksanakan suatu kewajiban.
  • Dari Ibnu Abbas R.A: Istiqomah itu memiliki 3 macam arti: Istiqomah dengan lisan (Bertahan terus dalam membaca Syahadat), istiqomah dengan hati (Melakukan segala sesuatu dengan niat dan jujur) dan istiqomah dengan jiwa (Selalu melaksanakan ibadah dan ketaatan kepada Allah secara terus-menerus tanpa terputus).
  • Dari Ar Raaghib: Istiqomah itu tetap di atas jalan yang lurus.
  • Dari An Nawawi: Tetap dalam ketaatan (Kitab Riyadusshalihin). Jadi istiqomah mengandung pengertian bahwa: “Tetap dalam ketaatan dan di atas jalan yang lurus dalam beribadah kepada Allah SWT”.
  • Dari Mujahid: Istiqomah adalah komitmen terhadap kalimat syahadat dan tauhid sampai bertemu dengan Allah ‘Azza wa Jalla.
  • Dari Ibnu Taymiah: Istiqomah dalam mencintai dan beribadah kepada Allah tanpa kearah menoleh ke kanan kiri
Wassalam,

dari hamba yang dhoif dan kufur


Wednesday, September 21, 2016

Jalan Bahagia

Sekalilagi seorang pesohor ditangkap karena narkoba. Gatot Brajamusti atau sapaanya Aa Gatot yang di kenal juga sebagai seorang spiritualis ditnagkap saat pesta narkoba bersama teman temannya.
Pertanyaanya kenapa gak kapok kapok para artis artis terjebak dalam narkoba. lalu sebenarnya apa yang mereka cari?
Sebenarnya yang dicari entah itu gosip, uang, popularitas, jabatan pada akhirnya semua berujung ke kebahagiaan.
dipipir pikir sih, mahal juga ya mencari kebahagiaan.

Dan, bahagia apa yang sebenarnya dicari.
ada yang namanya hormon kebahagiaan, yaitu Dopamin, Endorpin, Serotonin dan Oxytocyn.
Berita baiknya, hormon itu bisa didapat dengan mudah asal tahu caranya.
dan berita Buruknya, sayangnya hormon itu muncul hanya sebentar.

Misalnya, saat pertama beli hp baru, baru dipakai 2 hari, HPnya Jatuh, maka hilanglah rasa bahagia itu, saat kita Presentasi, ada orang yang berguman dan mengkritik, hilanglah kebahagiaan itu, saat dapat gaji, duitnya habis gara gara dipakai untuk bayar utang, dan biaya sewa, sehingga tidak sempat untuk bisa berbagi dengan sesama atau sekedar senang senang, maka hilanglah kebahagiaan itu.
Dan akibat akibat lainnya, entah itu gelisah, frustasi, takut, cemas dan lain lain.
Hormon Dopamin itu adalah hormon untuk rasa senang, enjoy, mencapai sesuatu kemajuan atau ketika mengharap sesuatu. Makanya kita tiap saat buka WhatsApp karena berharap ada sesuatu yang menarik. Hubungannya dengan narkoba adalah kokain yang juga menimbulkan efek yang sama.
Bagaimana caranya supaya dapat efek itu secara alami? Ya bisa dengan melakukan sesuatu, misalnya dengan jalan-jalan di alam terbuka, melakukan sesuatu ketimbang melamun sedih, ambil langkah kecil untuk sesuatu yang ingin dicapai. Kalau ada kemajuan, pasti akan merasa senang, hormon Dopamin keluar.
Misalnya hari ini target jualan tembus target 50%, ketika tercapai muncul hormon Dopamin dari rasa senang dan bangga. Jadi hormon ini terkait dengan kemajuan, sekecil apa pun itu, atau mencoba hal-hal baru, misalnya makanan baru, membaca buku baru, film baru dan semacamnya.

Hormon Endorfin adalah hormon untuk membuat rasa segar, fresh. Caranya mendapatkannya dengan berolah raga misalnya, bisa juga dengan berhubungan seks. Narkoba yang efeknya sama adalah jenis morfin.
Hormon selanjutnya adalah Serotonin. Ini adalah hormon untuk rasa bangga, rasa berarti, dihargai atau percaya diri. Makanya banyak orang yang jadi narsis sebetulnya tujuannya untuk mendapatkan rasa dari hormon Serotonin ini.
Bahkan ada yang suka pamer kekayaan padahal itu hasil korupsi atau masih ngutang. Yang dicari adalah pujian atau kekaguman dari orang lain. Hormon ini sebetulnya bisa didapat dengan memberi penghargaan tulus kepada orang yang bersangkutan. Tentu kalau ingin dihargai ya harus menghargai orang lain lebih dulu atau menunjukkan nilai tambah pribadi yang layak dihargai. Obat pengganti hormon ini biasanya jenis anti depresan.
Hormon bahagia yang terakhir adalah Oxytocyn yaitu rasa damai, aman, dicintai. Ini adalah hormon yang dicari para pengguna ekstasi. Untuk mendapatkan rasa itu secara alami, kita harus merasa damai dulu dengan diri sendiri, dekat dengan sang pencipta, mencintai orang lain, menebarkan kedamaian, bergaul dengan orang-orang yang damai dan saling menyayangi.
Jadi sebetulnya apa yang dicari oleh Gatot Brajamusti dan para seleb yang terjerumus narkoba itu adalah hal-hal yang sebetulnya bisa didapat dengan cara alami dan mudah, asal tahu ilmu dan caranya.

makasih dari roni yuzirman.






Sunday, August 21, 2016

Ippho Santosa, Motivator Indonesia Terfavorit.

Btw ni, sebenarnya manusia itu lebih pintar dari komputer, tapi kenapa komputer malah kelihatan lebih pintar? yap, bedanya tipis, kalau manusia menggunakan entar sedangkan komputer menggunakan enter. kata motivator mas ippho.

Mengenai motivator, dari dulu dan sekarang, salah satu motivator indonesia favorit saya adalah Ippho Santosa, biasanya publik mengenalnya seorang pakar otak kanan. beliau penulis buku mega bestseller juga pendiri TK Khalifah. buku yang sangat fenomenal, yaitu 7 keajaiban rezeki, menurut saya bukunya itu seperti kitab, didalamnya seperti mantra sakti kemudian akan menyihir seseorang yang sedang membacanya sehingga tindakannya akan berbuah kebaikan dan menular. ngeri ya, hhe
untuk buku buku yang lain seperti 13 wasiat terlarang, muhammad sebagai pedagang, marketing with love, hanya 2 menit, percepatan rezeki, succes protocol dan yang terbaru enteng jodoh enteng rezeki.

Karena dulu saya jarang membaca buku, dan gara-gara buku pertama 7 keajaiban rezeki yang saya baca malah bikin nagih, jadi semua buku yang penulis namanya Ippho Santosa saya cari, tulisannya yang santai, mudah dipahami jadi enteng bacanya, enak lumatnya, berat juga isinya, tapi enteng juga prakteknya.

Yang paling bikin penasaran disetiap bukunya, selalu ada aja ide ide brillian yang tidak pernah saya pikirkan, benar-benar membuat kepala saya ini ngangguk terus. waduh.
makanya beliau bukan sembarang motivator, menurut saya lebih dari ini, lawong isinya praktis, teknis dan solusi semua.

Mungkin saya beruntung, dulu, saya di kenalkan buku pertamanya ketika masih sekolah 2010, pas nyambi kerja, sayangnya saya hanya baca di bagia awal, dan tidak selesai karena buku itu sudah tidak ada lagi, di toko toko buku waktu itu juga belum saya temui. jadi lupa ahirnya. Lalu  2012, eh mata saya dikagetkan karena lihat di toko buku didaerah tangerang ketika saya jadi buruh pabrik, langsung saja buku itu saya beli. lama-lama saya mengenal penulisnya lewat facebook, twitter, youtube. Dan alhamdulilah sekarang saya sudah punya usaha sekaligus bisa kuliah.

Saya menyukai seminar motivasi atau training motivasi karena setiap langkah dalam hidup perlu semangat dan arah. seperti yang di katakan oleh Robbins dan Judge, motivasi ialah suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan individu agar dapat mencapai tujuannya.
Bayangkan jika tanpa motivasi mungkin hidup terasa membosankan, yang ujung ujungnya malas.
sangat sayang jika hidup sekali ini diisi oleh banyak keluhan, tidak menerima apa yang didapat dan selalu menyalahkan.alih-alih seperti itu orang sukses malah bersikap sebaliknya.
Nah, biasanya didalam setiap training atau motivasi terdapat ilmu-ilmu praktis dan lugas berisi pokok yang perlu perlu saja.

Seperti dalam seminar 7 keajaiban rezeki, bagaimana dibahas tentang keberkahan berlimpah,misal kita ingin rezeki membaik, maka tidak hanya semangat dalam bekerja, tapi diikuti dengan memperbaiki diri sendiri, gemar sedekah, bagaimana kita bersikap terhadap keluarga, sesama, alam semesta, dan pencipta.

setujukah ??

Nama saya Anwar Imam Santoso
Email saya anwarimamsantoso@gmail.com
Ponsel 089619812512

Untuk lebih mengenal Ippho Santosa, http://ippho.com/motivator-indonesia-motivator-terbaik-motivator-bisnis.  disana anda akan menemukan siapa itu mas Ippho Santosa dan dari mana ia belajar.
Alhamdulilah banyak ilmu yang sudah saya dapatkan dari beliau.
terimakasih.

Saturday, August 13, 2016

Mahasiswa yaitu Pemuda

Saya pernah iseng Tanya kepada beberapa teman tentang pencapaian pencapaian mereka saat memasuki dunia perkuliahan, banyak jawaban yang saya dapat dari fokus kuliah dulu sampai target kuliah selesai sekaligus membangun karir, ada juga jawaban yang nyeleneh yaitu "saya ngalir aja" hehe.
Perhatian saya selama ini, banyak macam macam aktivitas dalam kuliahan ada yang kuliah berangkat pagi pulang malem biasanya mereka para aktivis, penggiat organisasi, kuliah sambil kerja, atau kebiasaan bermain game dan lain2, ada juga yang hanya kuliah, yang ini biasanya mereka fokus kuliah dulu, ada juga yang gaya gayaan, na, untuk yang ini teman teman bisa menyimpulkan sendiri karena terlalu luas maksudnya.
Terlepas itu adalah pilihan masing masing, namun semua akan menanggung konsekuensi nanti. kamu boleh melakukan apapun, tidak ada yang melarang, dunia ini bebas bro, dan akan indah jika kita benar benar menikmati. iet jangan salah paham bebas artian disini yaitu takwa pada sang pencipta.
Kembali gai ke topik pemuda yaitu mahasiswa, dialah pemuda yang selalu identik dengan perubahan, siapa yang tidak kenal dengan  M Natsir Pada usia 21 tahun, sudah menguasai 7 bahasa asing, serta sudah aktif di kancah politik, Bung Hatta Saat berusia 15 tahun merintis karier sebagai aktivis organisasi, Soekarno yang usia sangat muda 14 tahun, sudah aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Jong Java dan  masih banyak lagi.Sekiranya bukan hanya kemerdekaan Indonesia, setiap episode sejarah dan masa lalu pun juga di bangkitkan dengan pemuda. antara lain, perkembangan islam yang harus melawan 2 imperium kekuatan besar romawi dan Persia hingga kemenangan bangsa barat. ternyata semua pemuda.
Pemuda dia yang selalu kokok dengan ideologinya, yang didalamnya penuh dengan gelora prinsip prinsip yang diyakini, dia melakukan pemberontakan atas kenyataan yang tidak sesuai apa yang dia lihat. namun juga tidak canggung belajar kepada orang lain, kadang pula menerima konsekuensi dari kesalahan yang dibuat.
Dan pada akhirnya, terserah teman teman, silahkan buat episode sendiri. nikmati hidupmu, pilihanmu, dan yang terpenting jangan lupa bahwa iman adalah harga mati.

Dari mahasiswa yang fakir ilmu lagi futur

Saturday, June 25, 2016

Pasang Target

pencapaian akan maksimal jika semua pikiran dan tindakan itu terarah, disini hukum LOA berlaku, apa yang anda pikirkan maka semesta akan mengamini, intinya gitu , hhee
Alhamdulilah, tugas demi tugas datang kepada saya, pada akhirnya saya menyadari bahwa saya harus ahli dibidangnya, otomatis saya harus tau potensi saya, ingat ya potensi, jadi ini belum teruji. wkk
sebenarnya saya hanya yakin aja, setelah beberapa tahun selalu di temukan dengan topik2, masalah, bahkan Orang yang ahlipun saya di perkenalkan. subhanallah.
dulu saya hanya berpikir, pengen jadi salesman handal yang menjadi inspirasi orang. dan sekarang pekerjaan itu datang. ibarat saya mencari jalan gak ketemu temu, sampai akhirnya jalan itu yang mencari saya.  luar biasaa..
tugas saya hanya berikhtiar dijalan ini, memaksimalkan apa yang ada di depan, dengan memasang target, maka akan terjadi percepatan untuk mencapai impian. diniatkan karena Allah yak ^_^
kadang apa yang kita bayangkan lebih sulit dari sebenarnya, makanya jangan sering ngayal, apalagi ngelamun.
intinya konsisten, langkah kecil yang dilakukan terus menerus akan menjadi besar, kalau langkah besar mungkin selanjutnya anda ngos ngosan.
mudah mudahan hasilnya bagus dan bermanfaat, karena biasanya usaha tidak akan menghianati hasih. gitu!. jangan lupa doa dan berdoa, karena kata nabi doa itu adalah senjata seorang mukmin dan pilar agama serta cahaya langit dan bumi.

biar gak setengah tengah nangkepnya, silahkan mampir ke blog saya lagi ya, :D

wallahualam

dari hamba yang futur dan dhoif




Monday, June 20, 2016

Jangan Menunda

Hyy, apa kabar..
Oia, saya sapa dulu, assalamualaikum. :)

pagi ini sepulang dari masjid nurul asri jogja, pikiran saya masih cemas, wajar saja siapa yang gak malu liat adik2 belasan th udah jago ngapalin quran, yakin sakit banget ini ati.  -_-.
memang sebaiknya ngapalin quran jangan di tunda tunda, begitu inget langsu lakukan,
jangan tunggu nanti-nanti, tapi-tapi dan alasan alasan lain nanti ujung ujungnya nyesek. serius !!
namanya alasan itu penting dan mendasar selain sebagai motivasi juga kita bisa PD ngejalaninnya, tapi maaf yang namanya alasan harus sesuai tempatnya loo yaitu pada kalimat kalimat yang baik.
na kalo umur semakin tambah otomatis beban hidup juga bertambah, mungkin untuk menghafal quran kadar hafalan pun berbeda. jadi jangan ditunda-tunda.
karena kita gak tau rencana tuhan besok seperti apa, tapi kita tau sekarang kita harus lakukan apa. yang penting gerak aja, itu loo kayak lagu "cicak cicak didinding diam diam merayap, datang seekor nyamuk hap laluditangkap". ^^, yang penting gerak masalah hasil biar Allah yang kasih.

Saturday, June 11, 2016

Amal

Secara bahasa, 'Amal' bila dalam bahasa arab artinya Perbuatan/Tindakan. jadi apapun yang kita kerjakan itu adalah amal, amal itu ada yang baik dan ada yang buruk.
Dalam sebuah Hadits Riwayat Shahih Muslim yang cukup panjang, Diriwayatkan dari Muhammad Bin Mukadir, dan juga diriwayatkan oleh Jabir, Rasulullah datang kepada kami, lalu Rasulullah Muhammad SAW bersabda:
”Baru saja Jibril datang kepadaku tadi, 
Jibril berkata:
”Hai Muhammad, Demi Allah: ”Bahwasanya ada seseorang melakukan ibadah kira-kira lima ratus tahun diatas puncak sebuah gunung yang luas, panjangnya 30 X 30 hasta, dan lautan yang melingkar di sekitarnya seluas 4000 farsakh dari setiap penjuru, di bawah gunung tersebut terdapat sumber air jernih kira-kira satu jari lebarnya, dan terdapat pula pohon buah delima yang sengaja disediakan oleh ALLAH untuknya dimana setiap hari mengeluarkan buahnya satu biji.
Setiap sore sesudah berwudlu, buah tersebut diambil dan dimakan, kemudian dia melakukan shalat seraya berdo’a mohon diambil nyawanya ditengah tengah melakukan sujud, agar tubuhnya tidak tersentuh Bumi atau yang lainnya, hingga ia bangkit di hari kiamat tengah bersujud kepada ALLAH. Maka permohonannya dikabulkan ALLAH, karena itu setiap kami lewat (naik-turun Langit) pasti dia tengah bersujud.”
Lanjut Jibril:”Kami temukan tulisnya (ceritanya) di lauhil mahfudz, bahwa: ia akan dibangkitkan kelak dihari kiamat dalam keadaan masih tetap bersujud dan diajukan kepada ALLAH, FirmanNya:”Masukkanlah hamba-Ku ini ke sorga karena Rahmat-Ku.” Tetapi hamba itu menjawab: ”Melainkan karena amalku semata.”
Lalu ALLAH menyuruh Malaikat untuk menghitung semua amalnya dibanding nikmat pemberianNya, dan ternyata setelah penotalan amal keseluruhan selesai, dan dimulai dengan menghitung nikmatnya mata saja sudah melebihi pahala ibadahnya sepanjang 500 tahun, padahal nikmat-nikmat yang lain-lainnya jauh lebih besar dan berharga.
Lalu ALLAH berFirman: ”Lemparkan ia ke dalam Neraka.” Kemudian Malaikat membawanya dan akan dilemparkan ke dalam Neraka, tetapi di tengah perjalanan menuju Neraka, ia menyadari kekeliruannya dan menyesal seraya berkata:”Ya ALLAH, masukkanlah aku ke surga karena Rahmat-Mu.”
Akhirnya Firman-Nya kepada Malaikat:”Kembalikanlah ia.”
Lalu ditanya ia:”Siapakah yang menciptakan kamu dari asalnya (tiada)?.”
Jawabnya:”Engkau ya ALLAH.”
Lalu hal itu dikarenakan amalmu ataukah Rahmat-Ku?.”
Jawabnya:”Karena Rahmat-Mu.”
Siapakah yang menguatkanmu beribadah selama lima ratus tahun?.”
Jawabnya lagi:”Engkau ya ALLAH.”
“Dan siapakah yang menempatkan kamu diatas Gunung dikelilingi lautan di sekitarnya, dikaki Gunung tersebut memancar sumber air tawar, dan tumbuh pohon delima yang buahnya kau petik setiap sore, padahal menurut hukum adat, delima hanya berbuah sekali dalam setahun, lalu kau minta mati dalam keadaan bersujud, siapa yang melakukan itu semua?.”
Jawabnya:” Engkau ya ALLAH.” FirmanNya:”Maka sadarlah kamu, bahwa itu semua adalah semata karena Rahmat-Ku, dan sekarang Aku masukkan kamu ke surga semata karena Rahmat-Ku.”
Kemudian Jibril berkata:”Segala-galanya dia alam ini bisa terjadi/ada, semua hanya karena rahmat ALLAH semata.”Cukup sudah, ternyata amal tidak cukup untuk masuk ke surganya allah, maka senanatiasa kita memohon kepada allah agar kita diberikan Rahmatnya, menikmati setiap cucuran keberkahan keberkahan lalu untuk mengungkapkan rasa taqwa kita, perjuangkan agama allah ini (Islam). dan hanya allah satu satunya sebaik penolong,
Wallahu A'lam Bishawab


diambil dari laman facebook amal dan keberkahan




dan dari saya terakhir ini lagu yang bagus yang di bawakan oleh mas ippho. :)
download Rahmat Semesta Alam.mp3
Lyrik :
Allah limpahkan rahmatMu selalu kepada semesta alam kepada hamba Mu
Allah curahkan lah karuniaMu selalu kepada utusanMu kepada rasulMu
Allah berikanlah hidahyahMu selalu mudahkan kami untuk menemukan jalanMu
Allah bukakanlah ampunanMu selalu selamatkan kami saat kembali kepadaMu.

Saturday, June 4, 2016

Jatuh Cinta. Untuk yg belum siap NIKAH. :D



Sesuatu yg wajar untuk seumuran saya ini, cinta tidak dapat di tolak, juga tidak pula dilupa. Namun yg namanya cinta bisa diarahkan.
Saat internet menguasai sendi dari kehidupan, semua terasa bebas apapun yg kita cari ada, termasuk stalking akunnya dia, hhe. Dan ini kembali pada diri, apakah selanjutnya saya mengikuti emosi atau ideologi saya.
Ketika saya mengikutii nafsu, maka nafsu ini yg akan mendorong logika saya mendapatkan dia, dengan berbagai cara, termasuk hal hal yg melanggar syariat.
Hari demi hari saya lewati dengan rasa galau, apapun yg saya lakukan dia tidak pernah lepas dari pikiran. Nah sedikit demi sedikit ideologi pemahan saya ini mulai merasuk kedada hingga mempengaruhi emosi dan mengendalikan aktivitas.
Memang diawal sangat sulit dan sakit untuk tidak mencintai, karena sebenarnya otak itu tidak diciptakan untuk melupakan.
Namun apapun masalah tetap saya harus taat pada syariat. Karena sangat rugi jika kesempatan hidup ini hanya sebatas pemuasan syahwat.
saya percaya, islam ini yg akan menyelamatkan saya saat ini juga ketika kehidupan ini berakhir.
Untuk yg saya lakukan, saya masih menaruh hati dengan dia, saya melangitkan namanya dan saya mencintai pemilik langit lebih dari apapun. Eveything.
Dakwah saja dulu apa yg kita bisa, dengan dakwah akan mendorong kita lebih belajar, memahami, bekerja keras, dan pemantasan diri.
Ketika allah telah mencintai kita, dia akan memberi apa yg kita ingin. Disaat yg tepat dan waktu yg tepat.

Tuesday, May 17, 2016

Nangis !!

Alhamdullilah
Setelah 1 minggu dirumah sakit, ternyata banyak yang sayang sama saya, terutama Ibuku, dia ngerawat saya penuh sampai sembuh selama kurang lebih 10 hari, aktivitasnya dia curahkan semuanya, dia tingalkan apa apa yang menjadi kesibukannya. masyaallah. nangis saya !_!
Ada juga adiku dua duanya dia nunggu dan sabar ketika saya sakit, belum lagi bapak, dia yang kesana kemari ngurusin rumah dan semacamnya.
lalu ada bude, pakde, bulek,om dan temen - temen, mereka sempetin jauh-jauh buat jenguk, Seketika hati ini rasanya langsung lemas, berfikir sebegitunya peduli, berbeda dengan peduli saya kepada mereka, lalu sesuatu seperti apa yang nanti saya balas dengan perlakuan seperti ini !!
Saat hari pertama sembuh nanti, ya Allah ampuni aku, berilah nikmat iman, islam, hidayah dan nikmat quran, serta bimbinglah hijrah ini, risalah, taubah, dan da'wah serta ikhlas, jadikan ukhuwah sebagai nikmat yang tak ternilai.

17 mei 2016 -rumah sakit budi sehat purworejo
dari hamba yang dhoif dan futur